Pages

Monday, May 1, 2023

Perbandingan Karier dan Kekayaan Once Mekel Vs Ari Lasso

Inilah Perbandingan Karier dan Kekayaan Once Mekel Vs Ari Lasso, Sama-Sama Dekat dengan Ahmad Dhani

Jumat, 21 April 2023

Publik tengah dihebohkan soal polemik royalti lagu antara Ahmad Dhani dan Once Mekel, tetapi banyak orang yang justru mengungkit kehadiran Ari Lasso yang juga mantan vokalis Dewa 19.  Namun, bedanya saat ini Ahmad Dhani dan Ari Lasso masih menjalin hubungan yang harmonis, sedangkan Once diketahui sedang berselisih paham dengan Dhani selama beberapa waktu belakangan ini. 

Perseteruan antara Ahmad Dhani dan Once Mekel tak kunjung kelar dan kian memanas, konflik ini berawal dari ayah Al Ghazali melontarkan ultimatum larangan keras terhadap Once menyanyikan lagu-lagu milik Dewa 19. 

Selain itu, Dhani juga mempersoalkan royalti lagu yang tidak yang pernah diterimanya, terhitung sejak 2010 pasca Once keluar Dewa 19 tapi kerap menyanyikan lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani tersebut.   Ia menyalahkan LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) dan WAMI dengan tegas meminta laporan pembayaran royalti, tapi kunjung diterimanya. 

Lantas seperti apa perbandingan karier dan kekayaan Once Mekel dan Ari Lasso, simak selengkapnya di bawah ini. Dewa 19 bersama dua mantan vokalisnya, Ari Lasso dan Once Mekel. Semua orang tentu setuju jika menyebut Dewa 19 sebagai salah satu band rock legendaris Indonesia, Ari Lasso dan Once Mekel adalah dua penyanyi yang Bahkan hingga kini masih terus dianggap sebagai vokalis Dewa 19. 

Ahmad Dhani mengatakan masih tetap mengizinkan vokalis pertamanya Ari Lasso membawakan lagu lagu ciptaannya. "Ahmad Dhani mengatakan kalau dengan Ari Lasso tak pernah ada masalah apapun, karena selama ini Ari selalu membayar royalti," yang dikutip dari tayangan kanal Youtube Beda Nggak?, pada Jumat (21/4/2023). 

Band DEWA yang mengusung genre pop rock asal Surabaya, awal mulanya dibentuk akronim masing-masing nama personilnya yakni oleh Dhani, Erwin, Wawan dan Andra, pada tahun 1988. 

Kemudian, pada tahun 1990 DEWA merekrut Ari Lasso sebagai vokalis utama dan melahirkan beberapa album termasyhur yakni Self Title (1992), Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997),  Album Pandawa Lima adalah album keempat Dewa 19, sekaligus album terakhir Dewa 19 bersama Ari Lasso sebagai vokalis. 

Bermain musik sejak SMA menjadi awalan karier Ari Lasso terjun ke panggung musik profesional, musisi kelahiran Madiun Jawa Timur ini membentuk Outsider Band bersama Wawan juniarso yang juga sebagai drummer Dewa 19 pertama. 

Lalu, ada Piyu yang saat ini menjadi gitaris Padi, selanjutnya pria bernama lengkap Ari Bernardus Lasso ini mendapat kesempatan bergabung dengan Lost Angels band yang merupakan cikal bakal dari b dari band Boomerang. 

Dari band Boomerang-lah, Ari bisa mendapat kesempatan untuk bertemu dengan para personil DEWA. Singkat cerita, Ahmad Dhani lalu tertarik dan mengajak Ari Lasso untuk bergabung dengan Dewa 19. Ternyata Lasso pun tertarik dengan band yang saat itu masih beraliran jazz. 

Tahun demi tahun, Dewa 19 mengarungi industri hiburan tanah air dan musiknya digemari oleh para pecinta musik, sebagian albumnya sukses terjual ratusan ribu copy. Terutama Album Pandawa Lima. Naiknya popularitas band Dewa 19 tampaknya beriringan dengan konflik yang terjadi. 

Sejak pembuatan album ketiga pada tahun 1995. Dhani telah menyadari bahwa sang vokalis terjerumus dengan penyalahgunaan obat-obatan terlarang atau narkoba. Puncaknya ketika tahun 1998, Ari Lasso memutuskan hengkang dari band yang membesarkan namanya tersebut.  

Dalam sebuah wawancara Ari Lasso dengan Pasha ungu, ia mengatakan bahwa pulang ke surabaya untuk rehat sejenak dan mencoba menghilangkan adiksinya terhadap narkoba. 

"Kalau gua waktu itu gini, intinya mau menyelamatkan nyawa, jadi kecanduan-ku ketergantungan-ku pada drugs itu udah mencapai titik yang aku rasa mengancam jiwa," ungkap Ari Lasso yang dilansir dari tayangan Youtube Pasha Adelia TV. 

"Tapi gua nggak pengen Dewa hancur, jadi ketika Dhani ngomong konsep album berikut,'Ri, Elu sama Once nyanyi yah separuh-separuh," tuturnya menirukan ucapan Ahmad Dhani. Vokalis kelahiran 17 Januari 1973 akhirnya berhasil melalui masa-masa ketergantungannya dengan obat-obat terlarang. 

Ari Lasso berhasil bangkit, ditandai dengan rilisnya album solo yang bertajuk "Sendiri Dulu" pada tahun 2001. Hingga saat ini Ari Lasso telah menelurkan 6 album solo, jauh lebih produktif dibanding masih menjadi personil Dewa 19. 

Perjalanan Karier dan Kekayaan Once Mekel Formasi band Dewa 19 pada awal tahun 2000-an, saat Once Mekel menggantikan Ari Lasso. Ahmad Dhani dan Once Mekel mulai menjajaki karir bersama sejak adanya proyek pembuatan film yang berjudul “Kuldesak” pada tahun 1998. 

Setelah Ari Lasso meninggalkan Dewa 19, ia mencoba mengawali karirnya sebagai vokalis dari band Dewa 19 pada tahun 2000.  Sebelum bergabung dengan Dewa 19, penyanyi dengan nama lengkap Elfonda Mekel, sudah menjalani karirnya sebagai penyanyi solo dan memiliki single berjudul Juwita Pandang.  

Kemudian, nama Once semakin popular setelah bergabung dengan Dewa 19. Banyak album yang ia bawakan menjadi sangat popular telinga di masyarakat. Once Mekel bergabung tahun 1999 dengan Dewa 19 dalam album bertajuk Bintang Lima.   

Once Mekel debut dengan Dewa 19 pada album Bintang Lima. Beberapa lagu yang sangat dikenal adalah Roman Picisan, Dua Sejoli, Risalah Hati dan Cemburu. Bintang Lima tercatat sebagai album terlaris di Indonesia, dengan terjual sekitar 1,7 juta keping usai dirilis. 

Banyak album yang laris terjual seperti Bintang Lima, Cintailah Cinta, Laskar Cinta, hingga Republik Cinta.   Setelah namanya semakin dikenal, ia pun kembali melebarkan sayapnya dengan merilis sebuah single yang berjudul Dealova pada tahun 2005.  

Dengan merilis lagu tersebut, Once pun meraup sejumlah penghargaan, seperti penyanyi pop solo pria terbaik dan lagu pop terbaik dalam ajang AMI Awards pada tahun 2006.  Karirnya semakin gemilang, hingga pada tahun 2010, Once Mekel resmi memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai vokalis band legendaris Dewa 19. 

Ia keluar dari Dewa 19 dengan alasan ingin lebih fokus pada solo kariernya.  Selain berkarir di dunia musik, penyanyi yang berusia 53 tahun ini juga menjalankan bisnisnya di bidang kuliner. Once Mekel memiliki sebuah cafe yang bernama Mayosi berlokasi di daerah BSD City, Tangerang dengan cita rasa masakan khas Manado.  

Menurut situs popnable.com, pendapatan Once Mekel untuk tahun 2023 ini memiliki perkiraan pendapatan sebesar US$5.300 hingga US$7.500 atau setara dengan Rp78,8 juta hingga Rp111,5 juta.  Selain dengan pendapatan tersebut, kekayaan Once termasuk mobil yang ia kendarai sehari-harinya berupa Toyota Vellfire yang harganya terbilang cukup mahal, dimana harga barunya kini berkisar pada Rp1,4 Miliar dengan ketentuan harga On The Road DKI Jakarta. (kmr/ind)


Sumber :

https://www.tvonenews.com/lifestyle/trend/116783-inilah-perbandingan-karier-dan-kekayaan-once-mekel-vs-ari-lasso-sama-sama-dekat-dengan-ahmad-dhani-tapi-ternyata?page=all

No comments:

Post a Comment